PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBANGUNAN

Posted: Oktober 6, 2008 in TEKNIK INFORMATIKA

PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBANGUNAN

Dengan telah dilaksanakannya Undang – undang nomor 22 tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah, Pemerintah Daerah dituntut untuk mampu mengelola dan memanfaatkan sumber daya daerahnya secara optimal. Peningkatan kemampuan daerah dalam mengelola sumberdaya dimaksud merupakan suatu hal yang krusial dalam upaya meningkatkan kemakmuran daerah. Disamping itu, dalam perkembangan semangat demokrasi dimasyarakat, untuk mengatasi keterpurukan bangsa baik di sektor ekonomi maupun sosial / budaya, masyarakat menuntut terciptanya suatu sistim pemerintahan yang profesional, bersih dan berwibawa.

Untuk itu dibutuhkan langkah-langkah yang konkrit, kreatif dan efektif untuk meningkatkan kinerja pemerintah mulai dari tahap perencanaan , pelaksanan, dan pengawasan program – program pembangunan disegala bidang, sekaligus dapat mencerminkan transparansi dan akuntabilitas didalam seluruh proses kegiatannya. Berdasarkan pengamatan terhadap negara negara maju yang dinilai mempunyai kinerja pemerintahan yang efektif dan efisien dengan performa yang tranparan dan akuntabel seperti disebut diatas, disimpulkan bahwa umumnya meningkatnya kinerja negara-negara tersebut berkat dukungan teknologi telekomunikasi dan informasi dalam pelaksaanaan sistim pemerintahannya.

Sebagai contoh, di beberapa negara di Asia Pasific yang merupakan negara-negara yang paling maju dalam pelaksanaan teknologi informasi seperti Singapore dan Hongkong , terlihat korelasinya dengan kemakmuran yang telah dicapai kedua negara tersebut.

Manfaat sektor teknologi informasi dan telekomunikasi dalam kemajuan yang telah dicapai oleh negara – negara maju merupakan suatu kenyataan yang diharapkan dapat memacu kita untuk juga dapat segera memanfaatkan teknologi informasi dimaksud. Sejalan dengan hal diuraikan diatas, Pemerintah Pusat telah menetapkan program pembangunan / pengembangan teknologi informasi dan komunikasi yang populer dengan istilah e-Government (Electronic Government) menjadi bagian yang penting dalam proses pembangunan nasional maupun daerah yang tercermin dengan diterbitkannya beberapa keputusan penting diantaranya Inpres No. 6 Tahun 2001 Tentang Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia dan Inpres No. 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government , sehingga dengan e-Government diharapkan akan dapat mendorong tercapai efisiensi, konsistensi, kecepatan, ketepatan dalam proses kinerja pemerintah dan transparansi dalam pelayanan administrasi pemerintah kepada masyarakat.

Iklan
Komentar
  1. ulum berkata:

    tolong kasih tw aku istilah2 dlm T.INf spt e-learning,e-education dsb///

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s